gbr-google.com

Waktunya AMIEN RAIS Nonton Film ANT MAN AND THE WASP

***

Cerita Ant Man tak berubah. Diperantarai oleh fisika kuantum cerita mengalir seperti dongeng. Manusia mengecil jadi sekecil-kecilnya kemudian melawan segala yang jahat. Tak usah ditimbang logika karena ini film hiburan yang mengajak penonton senang.

Pak Amien Rais lagi tak senang dengan penguasa hari ini. Ada saja kesalahan Jakowi yang jadi sasaranya. Yang terbaru soal Freeport dan yang lama soal China. Seakan Jakowi itu monster sehingga dengan semangat pak Amien ikut nyanyi Ganti Presiden. Lagu yang dibawakan oleh vokalis istimewa: peyanyi hingga politisi.

Politisi semacam pak Amien bukan pemula. Di masa Orba malang melintang dirinya bersikap. Julukan untuknya pahlawan reformasi. Ada komik yang memuat kisah itu. Kini sebagai senior suaranya lantang dan kadang menyakitkan. Pak Ngabalin meyebutnya dengan ‘pak Tua’.

BACA JUGA: Parrhesia: Mendengar Kuliah Michel Foucault

Mungkin Ant Man super hero yang perlu ditonton oleh pak Amien. Meski hidupnya menyakitkan tapi Ant Man selalu tampil konyol. Tak mau patuh pada aturan tapi juga ingin selalu menolong. Kemahiran Ant Man yang juga dimiliki oleh pak Amien adalah mengecilkan dan membesarkan.

Mengecilkan semua yang dilakukan oleh pemerintah dan membesarkan apa yang diyakininya sendiri. Sikap ini khas oposisi pemula yang tumbuh dalam suasana liberal yang muncul tiba-tiba. Maka ketika pak Amien mengkritik kita ingat sekali Ant Man yang tiba-tiba bisa mengecil sendiri.

Ant Man dengan lincah mengecilkan diri ketika bertarung. Adegan yang pasti digemari pak Amien karena hari-hari ini sibuk terus memukul pemerintah. Kebijakan apa saja dan keputusan apapun. Sulit sekali mendengar pak Amien memuji apalagi simpati.

Yang istimewa dari Ant Man adalah kawan-kawanya. Lucu, konyol dan jarang sakit hati. Dengan umpan joke yang bertebaran film ini seperti mengajak kita bermain dengan komentar. Disana pak Amien dengan pak Jakowi perlu menonton bersama: ajarkan pada para pendukung untuk tidak gampang marah serta gampang emosi.

Masalah Ant Man lebih rumit. Ant Man lagi diawasi aparat karena habis tempur bersama tim Avangers dan di sisi lain kekasihnya lagi cari ibunya yang tertinggal dalam tumpukan sel paling kecil. Bayangkan ini masalah konyol tapi sulit dipecahkan. Itupun tak membuat Ant Man mengutuk apalagi memaki.

BACA JUGA: Investigasi Amnesty di Papua: Aparat Keamanan Lakukan Pembunuhan di Luar Hukum

Pak Amien itu super hero yang tenar di masa lalu dan kini. Pada masa lalu pernah bersama Gus Dur dan bu Mega serta Sultan. Di masa kini bergandeng tangan dengan pak Prabowo. Kumpulan oposisi itu dibutuhkan untuk jaga demokrasi bisa tegak. Ant Man mengajarkan peran oposisi yang menghibur.

Ant Man memulai dengan menipu para penjaga. Menipu boleh asal tujuanya baik. Menipu penting kalau itu dilakukan untuk tujuan lebih manusiawi. Dan menipu yang tidak membuat sakit hati yang ditipu. Oposisi sebaiknya belajar bagaimana bertindak macam Ant Man.

Ant Man itu setia dengan prinsip dasar seorang super hero: menolong siapa yang membutuhkan, tidak menghukum kalau tak perlu dan bertarung keras untuk nilai-nilai yang prinsip. Baiknya pak Amien nonton film itu karena akan menyaksikan bagaimana musuh dan jagoan bisa berakhir dengan bahagia.

Di film Ant Man musuhnya punya senjata yang bernama serum kejujuran. Kalau itu digunakan pada siapa saja maka orang akan mengatakan yang sesungguhnya. Senjata itu tak dimiliki Ant Man tapi musuhnya. Bayangkan pada diri musuh sekalipun ada senjata yang lebih unggul secara moral.

BACA JUGA: Bajrangi Bhaijaan; Film India Yang Benar-Benar Bhajingaan

Pak Amien Rais kadang penting untuk mengakui ada yang secara baik dilakukan pemerintah. Memang ada kebijakan yang merugikan tapi penguasa tak semua melakukan keputusan politik yang sesat. Saya kadang berfikir andai serum kejujuran itu disuntikkan pada para biduan ganti Presiden pasti banyak hal dapat diganti. Ganti rekaman, ganti melodi dan ganti penyanyi mungkin.

Tapi nasehat nonton film Ant Man ini pasti susah diterapkan. Pertama itu film memang bukan seperti film besutan puteri pak Amien, kedua film itu niscaya ada misinya lalu ketiga memang apa pentingnya di 2019. Ant Man hanya hiburan yang mungkin dianggap membekuk akal sehat rakyat.

Jika begitu mungkin memang film itu peranya diperkecil saja. Kita bisa terhibur, kita bisa tersenyum dan kita bisa berimaginasi. Mungkin ada baiknya perbuatan semacam ini sering dilakukan oleh pak Amien Rais hari-hari ini. Rakyat terhibur, rakyat tersenyum dan rakyat dapat berimaginasi dengan apa yang diperbuat oleh pak Amien.

Hanya melalui itulah pak Amien Rais bisa jadi Super Hero dan Insya Allah berangkat menuju tiket RI 1. Amieen

Bagikan tulisan ini

Artikel Terbaru