IMG_20190302_144559_108

Leonard Peltier

Lahir pada 12 September 1944. Seorang kakek yang baik, seniman, penulis, sekaligus aktivis hak-hak sipil Indian Amerika. Leonard terlahir dari suku Indian Anishinabe yang tinggal di daerah Lakota Dakota.

Leonard dituduh membunuh dua orang agen FBI dalam sebuah penembakan brutal di kamp reservasi Indian Pine Ridge. Dia melarikan diri ke Canada karena merasa tidak akan pernah mendapatkan pengadilan yang adil di Amerika.

Pada Februari 1976 Leonard di sidang di Canada dg bukti tertulis yang dipalsukan oleh FBI. Lewat sebuah rekayasa politik, FBI bisa mengekstradisi Leonard ke Amerika. Lewat sebuah pengadilan yang penuh rekayasa, Leonard dinyatakan bersalah dan divonis hukuman penjara 2 kali seumur hidup.

Amnesty Internasional mengeluarkan resolusi keras dan menyatakan penangkapan dan pengadilan Leonard sebagai tindakan politis yang penuh ketidakadilan. Amnesty menuntut mahkamah agung Amerika memberikan pembebasan tanpa syarat dan meminta hak-hak Leonard dipulihkan secepatnya.

Tahun 2004 dan 2007 Leonard Peltier secara resmi masuk sebagai salah satu nominasi penerima hadiah NOBEL PERDAMAIAN dunia. Meski demikian, hal tersebut tidak mampu mengubah keputusan pengadilan Amerika dan putra terakhir Indian Anishinabe tersebut tetap mendekam di penjara sampai hari ini.

Ingin Tulisanmu Dimuat?

Kirim saja ke Socialmovement.institute@gmail.com

Bagikan tulisan ini